Dengan Audit Mutu Internal, UNISMA mewujudkan Perguruan Tinggi Berbudaya Mutu

Sukseskan Bulan Audit Mutu Internal (AMI) 2022, adalah slogan dan ajakan kepada semua pihak dilingkungan UNISMA untuk mensukseskan AMI 2022.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi UNISMA untuk menjadi world class university, salah satu yang penting adalah penguatan sistem dan tata kelola manajemen perguruan tinggi dengan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal pada berbagai proses pengelolaan manajemen perguruan tinggi baik pada bidang akademik maupun non-akademik.

Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003, pasal 50 (6) tentang otonomi perguruan tinggi, mengamanatkan bahwa Perguruan Tinggi harus melaksanakan pengawasan secara internal atas pendidikan tinggi yang diselenggarakannya. Dan peraturan tersebut dijabarkan dalam PP Nomor: 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mewajibkan struktur pengawasan horizontal disetiap satuan pendidikan dengan menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan. Yang bertujuan agar satuan pendidikan dapat memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Dengan model manajemen PPEPP Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di UNISMA, maka setiap unit, fakultas/program studi dilingkungan UNISMA secara berkala 1 tahun sekali melaksanakan evaluasi diri untuk menilai kinerja unit, fakultas/program studi. Tahap evaluasi diri yaitu dengan melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) baik dibidang akademik yang dilaksanakan Badan Penjaminan Mutu (BPM) maupun Bidang Non akademik oleh Satuan Pengawas Internal (SPI).

BPM dan SPI atas penugasan rektor melakukan audit ke unit, fakultas/program studi dibantu auditor internal untuk mengevaluasi sejauh mana SPMI di Unit, fakultas/program studi diimplementasikan.

Tahun 2022 ini, jadwal AMI sudah dimulai dari bulan Mei dengan menyusun panitia dengan koordinator bidang akademik Dr. Ena Marlina, S.T., M.T., dan koordinator bidang non-akademik Restu Mila Ningtyas, S.E., M.M. Bulan Juni dilanjutkan dengan mengirimkan instrumen AMI ke Auditee (unit, fakultas/program studi) serta menentukan dan penugasan tim auditor. Pada bulan september ini adalah bulan AMI 2022 dikarenakan adanya pelaksanaan Audit Lapang (AL) yang dimulai 1 September sd 30 September 2022.

Ditemui di kantor BPM, Dr. Ir. Hj. Mahayu Woro Lestari, M.P. sebagai ketua BPM menyatakan AMI adalah untuk perbaikan mutu berkelanjutan di UNISMA, dengan AMI diharapkan semua akademisi sadar mutu. AMI merupakan bagian dari siklus PPEPP bukan untuk interogasi, penyedikan ataupun penyelidikan namun membantu organisasi di lingkungan UNISMA dalam mencapai tujuan UNISMA yaitu Good University Governance berstandar Internasional menuju World Class University. Beliau juga memberikan saran kepada unit, fakultas/program studi yang menjadi Auditee, dan para auditor, agar perbaikan sistem penjaminan mutu dapat dilakukan dengan mudah maka temuan AMI harus diformulasikan dengan baik, sehingga dengan pelaksanaan AMI ini dapat diperoleh perbaikan sistem penjaminan mutu yang efektif.

Prof. Dr. H. Maskuri, MSi. selaku rektor UNISMA menyatakan “Dengan komitmen tinggi terhadap Mutu, pimpinan UNISMA memberi tugas kepada BPM dan SPI untuk melaksanakan AMI secara rutin diakhir semester genap. Dengan pelaksanaan AMI, penjaminan mutu di UNISMA dapat melaksanakan 4 prinsip yang tertuang dalam kebijakan mutu, yaitu mencapai visi, misi melalui perbaikan berkelanjutan atau continous improvement, customer satisfaction, customer care, dan continous quality “. Beliau menambahkan “AMI adalah bagian dari proses penjaminan mutu yang tujuannya melihat adakah kesesuaian antara standar pendidikan tinggi oleh internal kampus dan praktek di lapangan”. Rektor UNISMA Prof. Dr. H Maskuri, M.Si. menegaskan seluruh elemen penyelenggara unit, fakultas/prodi harus mendukung pelaksanaan Audit Mutu Internal, dan jangan menganggap kegiatan AMI ini hanya sebagai formalitas, tapi harus dijadikan kesadaran untuk kepentingan internal dan sebagai akuntabilitas terhadap publik, yang menopang penyelengaraan pendidikan di UNISMA sehingga UNISMA secara efisien dan akuntabel menghasilkan lulusan yang kompeten.