AUDIT 2nd SURVEILLANCE SMM ISO 9001:2015

Setelah beberapa kali penundaan jadwal, akhirnya Surveillance tahun kedua ISO 9001:2015 tahun 2021 bisa dilaksanakan. Selama 2 hari yakni pada Senin dan selasa tanggal 15-16 Februari 2021 secara remote (online) Universitas Islam Malang di audit oleh PT. Sucofindo. Auditor yang diturunkan oleh PT. Sucofindo untuk audit surveillance kali ini berjumlah 2 orang yakni Bapak Holys dan Bapak Gilang.

Audit surveillance tahun kedua ini disambut baik oleh auditee. Seperti tahun sebelumnya audit dilakukan terhadap 3 layanan yakni :

  1. Pelayanan Penerimaan mahasiswa baru
  2. Pelayanan Pembayaran Biaya Pendidikan
  3. Pelayanan Her Registrasi dan KRS Online

Hasil temuan disampaikan oleh Bapak Holys selaku ketua auditor pada closing meeting surveillance. Closing meeting surveillance ini juga dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Ketua BPM, Ketua SPI, para Kepala Biro dan tim. Tak banyak temuan, audit 2nd Surveillance ISO seri 9001:2015 tahun 2021 yang dilakukan oleh Bapak Holys dan Bapak Gilang di Universitas Islam Malang dapat dikatakan stabil sehingga cukup melegakan pimpinan universitas. Meskipun hasilnya lebih baik daripada audit 1st Surveillance ISO sebelumnya, namun janji dan komitmen untuk saran dan perbaikan bagi satuan kerja yang ditemukan kekurangannya wajib segera ditindaklanjuti sesuai klausul ISO yang telah disepakati.

Berdasarkan hasil 2nd surveillance SMM ISO 9001:2015, Universitas Islam Malang mendapatkan rekomendasi auditor untuk tetap menggunakan sertifikat ISO 9001:2015. Hal ini merupakan kebanggaan yang patut disyukuri semua civitas Universitas Islam Malang. Dengan mempertahankan sertifikasi yang telah didapatkan, berarti kita telah membuktikan kepada masyarakat bahwa UNISMA adalah institusi pendidikan berkualitas.